Saturday, June 12, 2010

Tips Mudah Membiasakan Diri Menabung

Banyak orang yang saat ini mengalami kesulitan untuk menabung uang mereka. ada berbagai faktor yang bisa menjadi alasan seseorang mengapa seseorang menjadi sulit menabung, mulai dari kemampuan untuk mengekang diri terhadap barang-barang sampai ketidakmampuan untuk mengelola uang dengan baik.

Apapun alasannya saat ini, Anda perlu menyimak tips menabung dengan mudah agar uang yang Anda miliki tidak lekas habis.

1. Pay Your Self First. Kalau selama ini Anda selalu berbelanja dulu dan tak sempat menabung, kenapa sekarang Anda tidak membalik proses itu? Mulailah dengan menyisihkan sebagian gaji Anda untuk tabungan sebelum Anda membayar kebutuhan lainnya (untuk berapa persen-persennya tergantung Anda sendiri). Bila itu Anda lakukan secara rutin dan disiplin, maka setelah setahun, Anda sudah akan memiliki simpanan dalam jumlah besar.

2. Jadikan Tabungan Sebagai Pos Pengeluaran. Masukkan pos tabungan ke dalam pos pengeluaran rutin tiap bulan. Anggaplah menabung sebagai pengeluaran rutin Anda sama dengan membayar cicilan hutang atau biaya rumah tangga lainnya, seperti tagihan listrik, PAM, makanan, transportasi dan lainnya.

3. Jangan Remehkan Uang Receh. Jangan pernah membayar dengan uang logam. Berbelanjala hanya dengan uang kertas saja. Jika Anda dapat kembalian uang logam, masukanlah uang logam tersebut ke dalam celengan (celengan ayam atau kaleng). Jangan dibuka sebelum penuh, jika sudah penuh masukanlan ke dalam rekening Anda di Bank.

4. Naikkan Setoran Tabungan Setiap Kali Penghasilan Naik. Setiap kali Anda mendapat uang lebih seperti bonus tahunan atau THR maka sisihkanlah terlebih dahulu untuk menambah tabungan Anda. Begitu juga jika gaji Anda naik maka naikkan juga jumlah setoran rutin tabungan Anda.

5. Miliki Rekening Khusus Tabungan. Sebuah keluarga sebaiknya memiliki satu rekening khusus yang digunakan untuk membiyayai pos-pos pengeluaran keluarga terpisah dari rekening pribadi. Sedangkan rekening khusus tabungan sebaiknya juga dibuat terpisah agar akumulasi dana yang terkumpul untuk tujuan keuangan yang ingin dicapai, tidak terpakai untuk pengeluaran lain.
Selamat menabung dan jadikan hidup lebih indah dan aman di masa mendatang


http://www.rajasolusi.com

1 comment:

  1. Untuk point no 2, yakni menjadikan 'tabungan sebagai pengeluaran', kalau saya melakukan pinjaman 'kapitalisasi'.

    Di CU tempat saya bergabung, disediakan 'pinjaman kapitalisasi', yaitu meminjam ke Cu tapi uang pinjaman tidak boleh di bawa pulang, tapi di simpan di tabungan CU.

    Dan tiap bulan harus mengansur ke CU. ternyata cara ini sangat menolong banyak anggota CU untuk 'disiplin' mencicil utangnya, dan tak terasa, akhirnya anggota CU bsia memiliki simpanan di CU.

    CU memang mantap, sistemnya membantu anggota untuk bisa mengatur keuangan anggota itu sendiri, demi hari depan yang lebih baik.

    sukses selalu untuk CU

    ReplyDelete